Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang ada dalam produk rambut Anda atau apa efek produk perawatan rambut pada rambut Anda dan kesehatan secara keseluruhan,
Temuan penelitian yang tak terhitung jumlahnya telah mengindikasikan bahwa ada lebih dari 10.000 bahan kimia yang secara teratur digunakan dalam produk perawatan pribadi termasuk persiapan perawatan rambut seperti sampo rambut, kondisioner rambut dan perawatan rambut. Selain efek biasa dan diinginkan yang dimiliki bahan kimia ini pada rambut Anda, mereka memiliki berbagai efek lain tidak hanya pada rambut Anda, tetapi juga pada organ lain di tubuh Anda. Karena latar belakang inilah setiap orang yang menggunakan beberapa produk rambut perlu tertarik dan mencari tahu produk apa yang digunakan untuk tubuh. Pemahaman ini dapat membantu dalam pemilihan produk-produk pribadi dan rambut yang lebih ramah-kesehatan.
Sebagian besar bahan kimia yang digunakan dalam produk perawatan pribadi telah dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan.
Efek-efek berbahaya ini berkisar dari iritasi kulit dan kulit kepala, mual, kejang, tinnitus, kerusakan sistem saraf pusat, perubahan perilaku, keguguran, gangguan penglihatan dan kehilangan, pada kulit dan kanker lainnya.
Bahan kimia dalam produk perawatan rambut dan pribadi memiliki efek yang berbeda. Ini adalah alasan mengapa pengguna perlu memahami bahan kimia apa saja yang terkandung dalam shampo rambut favorit mereka, pewarna rambut dan produk perawatan rambut lainnya.
Bahan Kimia dalam Produk Perawatan Rambut dan Efeknya
Sementara banyak bahan kimia yang digunakan dalam produk rambut memiliki efek buruk pada tubuh pengguna, ada sejumlah bahan kimia ini yang efeknya telah dilaporkan dalam banyak temuan penelitian. Atas daftar termasuk:
Memimpin
Timbal adalah unsur logam yang juga dikenal sebagai racun. Sayangnya, itu juga merupakan bahan umum dalam banyak produk perawatan dan perawatan rambut. Ini memiliki efek berbahaya pada banyak aspek kesehatan manusia termasuk:
Pertumbuhan terhenti
-Gangguan perilaku
-Keguguran
-Interferensi dengan sistem reproduksi
Bahan logam beracun lainnya termasuk merkuri, arsenik, kadmium dan nikel.
Formaldehida
Formaldehyde biasanya digunakan dalam shampoo dan pemutih. Ini adalah bahan kimia berbahaya yang berbagai penelitian telah dikaitkan dengan iritasi dan hipersensitivitas membran mukosa, mata, lubang hidung dan kulit. Formaldehid juga memiliki kualitas karsinogenik.
Sodium Hydroxide
Natrium hidroksida, yang mungkin juga dinamakan natrium hidrat, kaustik soda dan alkali, digunakan dalam produk pelega rontang dan gelombang rambut. Ini adalah bahan kimia yang sangat reaktif yang menyebabkan efek berbahaya bagi banyak organ termasuk kulit, mata, hidung dan tenggorokan. Dalam konsentrasi tinggi, natrium hidroksida dapat menyebabkan jaringan parut yang dalam dan merusak saluran pernafasan ketika terhirup.
Hydroquinone
Hydroquinone, yang juga dikenal sebagai dioxybenzene, dihydroxybenzene, hydroxyphenol atau benzendiol, digunakan dalam pemutih rambut serta produk perawatan pribadi lainnya seperti lighteners kulit. Efeknya yang berbahaya termasuk mual, kejang, sesak napas, iritasi selaput lendir, kulit, hidung, mata dan saluran pencernaan.
Propilen glikol
Propilen glikol juga dikenal sebagai propanediol. Ini umumnya ditemukan sebagai bahan pewarna rambut, shampoo, gel styling rambut dan kondisioner. Selain efek yang dimaksudkan pada rambut, propilen glikol juga dikaitkan dengan efek berbahaya yang meliputi iritasi kulit, mulut, hidung, mata dan edema selaput lendir.
Paraphenylenediamine
Juga disebut sebagai diaminobenzene, aminoaniline dan PPD, paraphenylenediamine digunakan dalam pembuatan pewarna rambut. Penggunaannya dapat menyebabkan dermatitis, sakit kepala, pusing, sesak napas, kelopak mata bengkak, penglihatan kabur dan kehilangan penglihatan.
Hydantoin DMDM
Hydantoin DMDM ​​juga dapat disebut sebagai Glydant, Gidol, GlycolylureaHydroxymethyl, 5-Dimethyl Hydantoin atau Dantogard. Ini umumnya digunakan sebagai bahan dalam kondisioner rambut dan detanglers termasuk produk rambut anak-anak. Efektivitasnya berasal dari efek kaustiknya. Hydantoin DMDM ​​dapat menyebabkan kerusakan penglihatan yang ireversibel. Hal ini juga terkait dengan efek berbahaya lainnya termasuk gangguan pada sistem reproduksi dan perkembangan fisik.
Tar batubara
Batubara, yang mungkin disingkat C.I, digunakan dalam banyak pewarna rambut dan warna. Ini mengandung paraphenylenediamine yang diketahui menyebabkan iritasi kulit dan mata serta bernafas.
Dibutyl Phthalate
Dibutyl phthalate juga disebut sebagai DBP. Ini adalah bahan dalam berbagai semprotan rambut. Efeknya yang berbahaya termasuk gangguan pada sistem reproduksi dan hormon lainnya. Lingkungan, DBP dapat membahayakan satwa liar termasuk ikan.
Padahal produk perawatan rambut diperlukan dalam perawatan pribadi, penting untuk menghindari produk berbahaya yang mungkin memiliki efek jangka pendek dan jangka panjang.
Sedikit perhatian pada bahan-bahan produk perawatan pribadi dan rambut dapat menyebabkan pergeseran dari produk yang dibuat dengan bahan kimia berbahaya. Produk-produk tersebut ramah terhadap kesehatan dan ramah lingkungan.
Konsumen produk perawatan rambut memiliki suara dalam jenis produk yang digunakan pada mereka. Mereka juga memiliki kekuatan untuk memaksa industri perawatan rambut berubah dengan memaksakan pilihan produk yang sehat. Juga benar bahwa ada berbagai alternatif yang tersedia di pasar yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Ini termasuk produk rambut organik, yang dihasilkan dari bahan-bahan non-berbahaya yang dipilih dengan hati-hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *