Sama seperti dalam mode, tren perawatan rambut berubah sesering musim, dengan selebriti dan media yang bertanggung jawab untuk membuat pernyataan berani yang cenderung diterima dan diikuti oleh masyarakat. Hal ini dibuktikan oleh gaya rambut pendek Mia Farrow dan Twiggy, diikuti oleh lapisan berbulu Putri Diana yang pemalu, dan gaya “Rachel” yang kemudian dikenakan oleh Jennifer Aniston di Friends. Dengan cara yang sama, para desainer menciptakan garis-garis pakaian dengan musim-musim mendatang dalam pikiran, perusahaan-perusahaan perawatan rambut menciptakan produk dengan masa depan dalam pikiran, dan media wajib dengan menampilkan produk-produk dalam apa yang tampak sesering mungkin.
Salah satu tren yang telah ada selama beberapa waktu adalah pewarnaan rambut, dengan berbagai merek yang berlomba-lomba untuk mendapatkan dolar yang dapat dibelanjakan semuanya atas nama kecantikan. Namun, perusahaan saat ini harus bekerja lebih keras untuk mengembangkan loyalis merek karena statistik menunjukkan persentase pembeli yang cukup besar menunggu sampai mereka berada di toko untuk membuat pilihan produk. Penelitian menunjukkan bahwa konsumen terombang-ambing oleh daya tarik pemasaran di dalam toko, alih-alih iklan produk rambut yang tidak pernah berakhir di televisi yang selalu tampak mengambil gadis berambut keriting sebelah dan mengubahnya menjadi supermodel berambut berkilau .
Kecenderungan lain yang mendorong pasar produk perawatan rambut adalah desakan konsumen pada keamanan dan kemurnian bahan. Tidak lagi akan Ny. Jones menggunakan bilasan biru yang diuji pada kelinci kelinci, sekarang dia menuntut produk yang tidak hanya lebih aman untuknya, tetapi juga untuk lingkungan. Orang yang sama mengkhawatirkan botol-botol warna rambut yang kosong, dan apa yang akan terjadi ketika mereka menurunkan, juga menuntut pengurangan bahan kimia dalam produk yang sama ini. Frase seperti “alami”, “bebas bahan kimia”, dan “hanya mengandung minyak alami” digunakan lebih sering untuk meyakinkan konsumen bahwa proses yang diperlukan untuk memutihkan rambut mereka benar-benar tidak mengandung pemutih lagi.
Seiring dengan tuntutan produk perawatan rambut yang muncul adalah tren gaya rambut yang lebih mudah, yang telah bergeser jauh dari desain salon yang rumit dan lebih ke arah kuncir kuda dan hairclips. Kemudahan gaya rambut sering menentukan panjang rambut – untuk memiliki rambut panjang dan diharuskan untuk menghabiskan berjam-jam pada gaya bisa pucat ke pilihan, lebih pendek mencuci-dan-pergi. Namun, ada konsumen yang tidak akan tunduk pada penyerahan warna rambut, lebih memilih untuk menyambut penampilan dan penerimaan abu-abu sebagai tanda usia dan kebijaksanaan. Mereka adalah orang yang sama yang lebih suka membeli produk mereka karena pilihan individu, dan bukan karena tren saat ini yang pasti akan berubah lagi kapan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *