Biro Jasa Paspor

Bisa pergi keluar negeri memang menjadi salah satu hal yang sangat menyenangkan sekali. Terlebih lagi kalau kita pergi bersama dengan keluarga dan orang tersayang. Sebenarnya ada begitu banyak sekali berbagai macam aktivitas atau kegiatan yang sering dilakukan ketika sedang berada di luar negeri. Mulai dari pergi berlibur , bekerja, atau untuk melaksanakan kegiatan ibadah seperti umroh dan juga naik haji.

Ternyata tak hanya memiliki uang yang cukup besar saja untuk bisa keluar negeri, namun kita pun harus memiliki dokument yang tak kalah penting sebagai salah satu syarat untuk bisa pergi keluar negeri, dan salah satunya adalah anda harus memiliki yang namanya  paspor. Tentu saja mendengar nama dari paspor ini sudah tidak lagi asing dan mungkin seringkali anda mendengarnya. Karena memang paspor sendiri menjadi dokument yang sangat wajib dimiliki bagi siapa saja yang ingin melakukan perjalanan keluar negeri.

Lantas dimanakah kita bisa memiliki paspor tersebut. Tentu saja ada proses atau prosedur yang harus anda lalui untuk bisa memiliki yang namanya paspor. Bagi anda yang masih bingung bagaimana cara untuk membuat paspor, bisa langsung simak info yang akan kami bagikan dibawah ini mengenai tata cara bikin paspor, diantaranya yaitu sebagai berikut ini :

  1. Untuk tahap pertama sebaiknya anda menyiapkan terlebih dahulu berkas atau dokument yang dibutuhkan yaitu ada akte kelahiran, surat baptis, buku nikah, ijazah terakhir, e-ktp, kartu keluarga. Semuanya bawa yang asli dan harus anda fotocopy terlebih dahulu di kertas A4, ingat jangan di gunting hasil dari fotocopy tersebut.
  2. Materai 6000
  3. Setelah semua berkas atau dokument yang dibutuhkan sebagai persyaratan untuk membuat paspor sudah anda siapkan, maka anda pun bisa langsung menuju kantor imigrasi terdekat dengan menggunakan pakaian yang rapih. Namun sebaiknya anda harus datang pada pagi hari. Karena untuk permohonan pembuatan paspor, pihak imigrasi hanya membatasi 200 pemohon setiap harinya. Di tambah lagi antrian yang cukup panjang, karena prosesnya yang memang memakan waktu cukup lama.
  4. Langsung saja ambil formulir yang sudah tersedia dan isi formulir tersebut
  5. Kemudian anda bisa mengambil nomor antrian untuk pengechekan berkas
  6. Jika nomor anda sudah dipanggil maka bisa langsung menyerahkan semua berkas tersebut kepada petugas, nantinya anda juga akan mendapatkan nomor antrian untuk sesi foto, pengambilan sidik jari dan juga wawancara
  7. Untuk sesi foto ada beberapa ketentuannya yaitu :
  • Tidak boleh mengenakan pakaian seragam atau dinas, seperti seragam anggota TNI, POLRI, PNS dan sebagainya
  • Bagi yang mengenakan hijab, sebaiknya hijab yang dipakai tidak menutupi wajah dan garis rambut
  • Untuk yang bercadar biasanya akan diminta membuka cadarnya saat proses pengambilan foto
  • Tidak diperkenankan mengenakan topi atau aksesoris kepala
  • Dibolehkan menggunakan kacamata bagi yang kesehariannya memang menggunakan kaca mata. Bukan kaca mata yang berlensa hitam. Namun kacamata yang dibolehkan adalah lensanya yang bening.
  • Sebaiknya gunakan pakaian yang rapih bukan berwarna putih. Karena nantinya bakcground foto yang dipakai adalah berwarna putih
  1. Saat sesi wawancara tentu saja anda harus menjawa semua pertanyaan petugas dengan baik dan juga jujur, jangan sampai ada yang di tutup-tutupi. Karena nantinya hasil wawancara tersebut yang akan dijadikan sebagai penentuan pemberian izin pembuatan paspor. Jadi jangan sampai anda berbohong, karena bisa membuat pengajuan permohonan pembuatan paspor anda ditolak.
  2. Jika semua sesi atau prosedur sudah anda lakukan, nantinya petugas akan memberikan sejumlah tagihan yang harus anda bayarkan.
  3. Untuk pengambilan paspor bisa anda lakukan 3 hari hingga 5 hari jam kerja setelah sudah melakukan proses pembayaran di bank , dengan membawa bukti pembayaran tersebut.

Lantas Apakah Bisa Membuat Paspor Melalui Biro Jasa/Calo?. Tentu saja sangat dilarang sekali. Karena kalau anda menggunakan jasa dari calo juga tentunya anda pun harus tetap datang ke kantor imigrasi tersebut. Namun kalau anda tetap memaksakan untuk menggunakan jasa dari calo dengan cara memalsukan data yang ada, malah justru hal tersebut yang nantinya bisa mempersulit anda di waktu yang akan datang. Sebab secara otomatis nantinya sistem akan menolah pembuatan paspor yang baru jika data yang digunakan palsu atau tidak sesuai dengan yang asli.

Apalagi biaya yang harus anda bayarkan untuk membuat paspor dengan menggunakan jasa dari calo ini jauh lebih mahal ketimbang dengan anda mengurus sendiri proses pengajuan permohonan pembuatan paspor tersebut. Pemerintah juga sudah melarang atas pungli alias pungutan liar yang biasanya dilakukan oleh para calo tersebut. Sehingga saat ini kantor imigrasi juga tidak melayani para biro jasa pembuatan paspor yang ingin membuat paspor para cliennya.

Dulunya saat biro jasa atau calo masih marak, warga bisa dikenakan tarik 1 hingga 2 juta untuk proses pembuatan paspor tersebut. padahal jika anda meluangkan waktu untuk membuat paspor sendiri dengan datang secara langsung ke kantor imigrasi, tentu saja tidak perlu sampai harus merogoh kocek hingga sebesar itu. Berikut ini ulasan mengenai biaya untuk proses pembuatan paspor, diantaranya yaitu :

  • Biaya untuk pembuatan paspor biasa 24 halaman adalah sebesar 155.000
  • Biaya untuk penggantian halaman yang rusak paspor biasa 24 halaman adalah sebesar 255.000
  • Biaya untuk penggantian paspor 24 halaman yang hilang adalah sebesar 255.000
  • Biaya untuk pembuatan paspor biasa 48 halaman adalah sebesar  355.000
  • Biaya untuk penggantian halaman yang rusak paspor biasa 48 halaman adalah sebesar 355.000
  • Biaya untuk penggantian paspor 24 halaman yang hilang adalah sebesar 655.000
  • Biaya untuk pembuatan paspor 48 halaman elektronik adalah sebesar  600.000

Jadi bisa anda bayangkan betapa lebih murahnya biaya yang harus anda keluarkan jika membuat paspor sendiri dengan datang langsung ke kantor imigrasi. Namun untuk anda yang ingin membuat paspor elektronik, hanya baru tersedia di beberapa kota saja, diantaranya yaitu kantor imigrasi Jakarta, kantor imigrasi Batam, dan juga kantor imigrasi Bali. Tapi untuk proses pembuatan paspor biasa 48 halaman dan juga paspor biasa 24 halaman, sudah bisa dilakukan disemua kantor imigrasi yang ada di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, sebaiknya anda hindari menggunakan calo saat akan membuat paspor.

Kalau sudah mengetahui prosedur dan juga persyaratannya, tentu saja membuat paspor ini tidak serumit seperti yang anda bayangkan, ditambah lagi biaya yang harus anda keluarkan pun tidak semahal dengan biaya saat anda akan menggunakan biro jasa atau calo, yang bisa berlipat ganda besarnya. Semoga info yang sudah kami kupas mengenai paspor ini bisa bermanfaat dan juga semakin menambah wawasan anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *